5 Panduan yang Bisa Kamu Coba untuk Berhenti Merokok

Cuculutus.com - Merokok adalah kebiasaan buruk yang banyak digandrungi orang-orang di zaman sekarang. Awalnya sih iseng alias coba-coba aja orang terjun ke dunia rokok, tapi lama kelamaan jadi candu dan susah buat ditinggalin. 

No rokok via kompak.co

Nah ! buat kamu yang pengen banget dari dunia rokok, cuculutus pengen sedikit ngasih tips sederhana yang bisa kamu coba. Tapi kalo enggak cocok dan tetep aja ngerokok berarti kamu kurang niat.

1. Gedein niat dan sadar hidup hemat

Ini yang paling utama. Niat adalah sumber segala sesuatu. Niat itu berbanding lurus dengan hasil. Kalo niat kamu gede, maka kemungkinan berhenti semakin gede juga. Setelah niat gede, selanjutnya adalah sadar kalo ngerokok itu ngehamburin uang. Coba aja itung sendiri ya ! kamu pasti tau berapa uang yang kamu keluarin selama 1 bulan atau 1 tahun. Lumayankan uangnya bisa dibeliin tanah atau motor bebek.

2. Bayakin minum

Banyak minum disamping sehat bagi tubuh, ternyata bisa juga buat ngusir toksin dari rokok yang udah terakumulasi. Ternyata enggak hanya itu saja, banyak minum juga bakal nurunin hasrat bercinta dengan rokok ! (bercinta !!!).

3. Ngeganti rokok (nikotin) ama yang lain

Biasanya orang-orang akan merokok dipagi hari ditemani dengan segelas kopi, selain itu orang biasa merokok setelah selesai makan. banyak yang ngomong "wis mangan ora udud enek". Kalo kamu masuk kedalam kategori orang-orang seperti itu, makan mulai dari sekarang, gantilah rokok dengan makanan lain, bisa dengan perment karet, coklat, ubi cilembu, seblak dsb. Mungkin awalnya akan sulit tapi jika dibiasakan, lama-lama juga akan terbiasa. 

4. Banyakin Olahraga

Olahraga disamping bikin sehat juga bisa bikin kamu keliatan seger terus. Nah kalo udah keliatan seger, nafsu buat ngisep rokokpun jadi berkurang. Olahraga juga bakal bikin kamu ngeluarin zat racun yang udah keburu melekat dalam diri dan sanubari kamu.

5.  Coba dan Coba Lagi

Kambuh merokok lagi sangat wajar, bahkan enggak sedikit yang menyerah pada rokok. Periksa emosi dan keadaan yang menyebabkan kambuh. Kembalikan komitmen berhenti merokok. Coba lagi dan tetapkan batas waktu.

Selamat mencoba dan sehat selalu

2 komentar:

  1. papaku berhenti ngerokok pas tau dia kena stroke ringan, sedih si ngeliat orang yang aku sayang tunduk sama rokok :(

    Salam,
    Asya

    BalasHapus