5 Alasan Mengapa Bahasa Indonesia Patut Kita Banggakan

Cuculutus.com - Banyak anak muda sekarang yang enggak bangga dengan bahasanya sendiri. Mereka lebih tertarik menggunakan bahasa Inggris ketimbang harus menggunakan bahasa Indonesia yang adalah bahasa ibu buat mereka. Kebanggaan berbahasa Indonesia pun akhirnya hilang. 


Namun dibalik bahasa Indonesia yang sederhana, ternyata menyimpan hal-hal yang patut kita banggain. Seperti yang diungkapkan Profesor Dr Handayani, seorang Guru Besar Bahasa Indonesia Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS), bahasa Indonesia punya potensi digunain sebagai bahasa internasional, pasalnya saat ini bahasa Indonesia juga dipelajari di lebih dari 45 negara di dunia. beberapa diantaranya adalah Australia, Jepang, Vietnam, Mesir, dan Italia. hal ini membuat bahasa Indonesia masuk ke dalam peringkat 10 besar bahasa yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Wowww...keren kan?

Nah berikut cuculutus bakal sedikit ngulas mengapa Bahasa Indonesia patut kita banggakan. Simak ya!

1. Bahasa Indonesia kian dikenal bangsa lain

Enggak hanya di Indonesia, bangsa lain pun ternyata berminat belajar dan mengenal bahasa Indonesia lho. Australia contohnya, mereka tertarik dengan bahasa indonesia karena mengagumi budaya indonesia. Sebagai warga indonesia seharusnya kita bangga dong sama kekayaan leluhur yang sangat luar biasa, jadi kemungkinan bahasa indonesia nantinya dijadikan bahasa internasional bisa saja  terwujud. Amiiiinnn.....

2. Bahasa yang sangat kaya

Jika diurutkan sejarah, seperti diketahui bahasa Melayu adalah bahasa pasar. Bahasa pasar tercipta dari gabungan bahasa-bahasa pedagang dari seluruh penjuru dunia yang dulu sempat singgah di Melayu. 

Karena pada awalnya bahasa indonesia adalah bentukan dari bahasa pedagang dari seluruh dunia, maka bahasa indonesia memiliki ribuan kata yang diserap dari bahasa beberapa bangsa di dunia. Penambahan kosakata baru, baik diserap dari bahasa asing maupun dari bahasa daerah, hingga pada akhirnya ejaannya disempurnakan. Proses itulah yang menyebabkan bahasa indonesia begitu kaya.

3. Bahasa paling mudah

Berbeda dengan bahasa asing lainnya, bahasa indonesia merupakan bahasa yang mudah karena bahasa indonesia memiliki tingkatan kata atau kalimat yang sangat mudah dimengerti.  Setiap pengucapan kata/ kalimat untuk semua situasi, meskipun terjadi kemarin, sekarang ataupun lusa, kata yang digunakan tetap sama.

4. Bahasa Indonesia unik

Meski berasal dari Melayu, namun bahasa indonesia punya karakteristik yang berbeda, baik dari susunan kata maupun pengucapannya. Malaysia juga terkenal dengan bahasa Melayu-nya, meski aksen dan artinya hampir mirip, bahasa indonesia lebih enak didengar dan dimengerti karena bahasa indonesia merupakan bahasa satu-satunya di dunia. Misalnya : berputar (indonesia), pusing-pusing (Malaysia) yang dalam bahasa indonesia pusing artinya adalah sakit kepala.

5. Bahasa Indonesia adalah bahasa yang sopan

Dalam sejarah tertuliskan bahasa indonesia berasal dari bahasa Melayu Riau. Menurut buku yang ditulis Jan Huygen dalam bukunya Itinerario disebutkan bahwa bahasa Melayu terkenal dengan bahasa yang paling sopan di kawasan timur. 

Meski bahasa Melayu dulu dan bahasa Indonesia kini sudah berbeda, tapi kebanggannya tetap sama karena sampai dengan saat ini bahasa indonesia masih menjadi bahasa yang mulia.

2 komentar: