Dampak Buruk dan Merugikan Jika Kamu Sering Marah-marah

Cuculutus.com - Marah adalah kondisi manusia udah keluar dari jalur norman. Tekanan darah naik, mikir enggak bener lagi, banyak kata-kata berbau binatang sampai tega ngelukain apa aja yang ada. Nah! punya sifat yang suka marah-marah emang bakal ngerepotin banget, untuk itu cuculutus.com pengen sedikit sharing mengenai dampak buruk dari marah-marah. Simak baik-baik ya. Dan setelah baca mohon jangan marah ya. Apalagi enggak mau kesini lagi. Haha




1. Nyebabin Stres
Orang yang sering marah-marah pasti memiliki kecenderungan  stres yang lebih dan jauh dari rasa bahagia dibandingkan dengan orang yang jarang marah. Dan dari stres tersebut dapat timbul hal lain yang tentunya buruk seperti menimbulkan tekanan darah tinggi, tekanan mental dan emosi yang tidak terkendali.

2. Cepat Capek
Orang yang sedang marah tentunya akan mengeluarkan energi yang cukup besar. Dalam proses tersebut, hormon stres akan meningkat dan pada akhirnya akan menguras habis energi yang ada di dalam tubuh. 

3. Nnyebabin Peradangan dan Nyeri Otot
Saat sedang marah-marah, seseorang akan melepaskan hormon yang disebut kortisol. Dalam ilmu kedokteran pelepasan yang disebut kortiosl tersebut dapat menyebabkan otot untuk melenturkan dan menerima serangan energi dalam beberapa detik. Sehingga pada akhirnya, tubuh akan rentan terhadap nyeri ototdalam jangka panjang

4. Nyebabin Tekanan Darah Tinggi
Mungkin akibat yang satu ini sudah pasti sangat familiar. Orang yang sering marah-marah pasti memiliki tekanan darah tinggi. Saat marah maka yang akan terjadi adalah seketika tekanan darah meningkat dan irama napas menjadi cepat. Pada beberapa kasus, tekanan darah tinggi dapat menyebabkan sakit kepala mendadak.

5. Menurunkan Daya Tahan Tubuh
Ternyata pikiran dan kondisi mental seseorang sangat memiliki dampak yang besar terhadap kekebalan tubuh seseorang. 

6. Resiko Stroke
Tekanan darah tinggi yang terjadi saat sedang marah dapat mengakibatkan terjadinya stroke otak. Stroke otak terjadi ketika satu atau lebih pembuluh darah di otak pecah. Hal ini sangat terjadi ketika kemarah tersebut membuat tekanan darah menjadi sangat tinggi. Stroke otak dapat membunuh dan meumpuhkan seketika.

7. Sakit Kepala
Sakit kepala juga bisa melekat pada anda yang sering marah-marah. Ketika marah maka pembuluh darah di otak akan berdenyut liar. Hal ini dapat memicu rasa sakit di kepala. 

8. Gangguan Pencernaan
Saat sedang marah maka kadar asam lambung akan meningkat. Hal ini dapat memicu berbagai penyakit di pencernaan seperti refluks asam, maag, atau sembelit.

9. Gangguan Pernapasan
Ternyata marah dapat mengakibatkan gangguan pernapasan. Orang yang sedang marah-marah akan merasa sulit bernapas ketika sedang marah. Kemarahan juga dapat memicu serangan asma dan membuat napas seseorang terengah-engah.

Artikel ini terinspirasi saat liat orang marah-marah

0 komentar: